Puasa Ramadhan, Manfaatnya dari Langsing sampai Menghalau Racun


Seperti biasa, menjelang Ramadhan, banyak kaum Muslim yang mulai mencari info soal berpuasa dan kesehatan. Apalagi di era semakin merakyatnya ponsel pintar.

Selama Ramadhan orang khusyu beribadah selama sebulan penuh. Mereka hanya makan dua kali sehari, yakni saat sahur dan berbuka. Karena waktu makan terbatas, beberapa orang mengalami masalah pencernaan selama berpuasa.

Namun banyak fakta menunjukkan bahwa puasa selama satu bulan dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Yang penting pastikan kita mengkonsumsi banyak makanan sehat dan menjaga diri terhidrasi dengan baik.

Berikut alasan puasa selama Ramadhan dapat membuat tubuh menjadi sehat, seperti dilansir boldsky.com.


1. Menurunkan berat badan

Hindari konsumsi banyak makanan manis dan berminyak selama Ramadan.Berat badan bisa turun dengan mudah. Jika makanan yang dikonsumsi seimbang dan sehat, berat kita bisa turun beberapa kilogram sebelum akhir bulan.


2. Meningkatkan kontrol diri


Puasa selama Ramadan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kontrol diri, terutama soal makanan. Kita selalu dapat menarik inspirasi dari pengendalian diri dengan berolahraga selama satu bulan dan melakukannya setiap kali merasa lapar.


3. Menurunkan kolesterol

Selama Ramadan, orang cenderung untuk menghindari makanan cepat saji. Hal ini membantu dalam mengurangi kadar lemak darah dan kolesterol.


4. Membantu mengurangi kecanduan

Kebanyakan orang menahan diri untuk tidak merokok selama Ramadan. Kebiasaan ini dapat membantu mereka berhenti sejenak dari kecanduan dan juga mengekang kebiasaan itu sepenuhnya.





5. Menghilangkan racun tubuh

Puasa adalah cara yang baik untuk detoksifikasi sistem tubuh karena tubuh mendapatkan istirahat dari asupan rutin makanan, terutama makanan sampah. Puasa dapat membantu dalam proses detoksifikasi dan menjaga kita tetap sehat.


 6. Meningkatkan kekebalan


Penelitian telah menunjukkan bahwa puasa dapat meningkatkan kekebalan tubuh hingga batas tertentu, seperti sistem tubuh didetoksifikasi dan juga karena sistem pencernaan dapat menghasilkan cairan lebih sehat.


7. Mencegah hipertensi

Saat puasa, tingkat metabolisme tubuh mengurangi dan begitu juga kadar lemak darah dan pada gilirannya membantu dalam pengurangan kondisi seperti tekanan darah tinggi dan penyakit yang terkait.



INSPIRASI WANITA

Posting Komentar

0 Komentar