5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal Saat Puasa - Ramadhan Kita

Breaking

Selasa, 13 Juni 2017

5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal Saat Puasa

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang rentan terkena gangguan kesehatan di bulan puasa. Sebab ketika puasa asupan air di dalam tubuh dibatasi. Padahal kunci agar ginjal tetap sehat adalah dengan banyak minum agar terhidrasi dengan baik.

Seperti dilansir dari healthmeup.com, inilah cara mudah untuk menjaga kesehatan ginjal di bulan puasa.
 


Kurangi kerja ginjal
Terlalu banyak mengonsumsi bahan berbahaya mampu memperberat kerja ginjal Anda, Sebab ginjal mempunyai tugas untuk menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itulah konsumsi makanan yang benar-benar alami akan fungsi ginjal tidak turun.

Minum banyak cairan
Tidak bisa dipungkiri bahwa minum banyak air dapat mendukung kesehatan ginjal Anda. Sehingga pintar-pintarlah untuk mengatur jumlah air yang Anda konsumsi di antara waktu berbuka hingga sahur. Air mampu mendukung kerja ginjal dengan cara membersihkannya.



Konsumsi makanan pembersih ginjal
Selain minuman, makanan tinggi zat antioksidan yang berfungsi sebagai  pembersih ginjal juga mampu menyehatkan ginjal Anda. Contoh makanan tersebut adalah kubis, paprika merah, anggur, putih telur, dan cranberries. Sehingga konsumsilah makanan tersebut sebagai menu buka dan sahur Anda.

Kurangi konsumsi sodium dan protein
Selain racun, kelebihan sodium dan protein juga dapat mengganggu ginjal Anda. Jika di dalam tubuh Anda mengandung banyak sodium, maka terjadi tekanan darah tinggi dan dapat menyebabkan serangan jantung yang juga berimbas pada kerusakan ginjal.






Konsumsi magnesium
Magnesium memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan ginjal.Untuk memastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan cukup magnesium, konsumsilah banyak sayuran berwarna hijau seperti bayam dan kangkung.

Ginjal mempunyai peranan penting dalam menyaring racun di dalam tubuh. Oleh karena itu ikuti tips sehat di atas agar ginjal tetap sehat meskipun Anda sedang berpuasa. [feb]

MERDEKA 

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar