7 Hikmah Puasa yang Perlu Anda Ketahui


Ibadah puasa di bulan Ramadhan bagi umat muslim memiliki begitu banyak keutamaan. Dalam beberapa keutamaan tersebut, sebagian besar hikmah puasa atau manfaat puasa ditujukan untuk diri orang yang menjalani puasa itu sendiri. Hikmah dalam menjalani puasa wajib yang dapat diperoleh ini sendiri berhubungan erat dengan amalan-amalan selama menjalankan ibadah puasa. Pastinya amalan tersebut bukan hanya sebatas menahan lapar dan dahaga, melainkan juga dengan menjalankan ibadah lainnya selama bulan Ramadan seperti misalnya Itikaf, bersedekah, menjauhkan diri dari semua larangan Allah dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, untuk semakin memperkokoh keteguhan dalam menyempurnakan ibadah puasa yang sedang dijalankan, di bawah ini kami jelaskan hikmah puasa Ramadan yang dikutip dari berbagai sumber.

Keseimbangan Hidup
Pada hakikatnya sebagai hamba Allah, manusia diperintahkan untuk beribadah. Hanya karena berbagai hal yang berhubungan dengan duniawi seperti hawa nafsu, pekerjaan dan lain sebagainya membuat manusia terkadang lupa akan kewajiban yang harus dipenuhinya. Di bulan puasa seperti ini, manusia dilatih kembali mengingat kembali sekaligus melaksanakan semua kewajiban tersebut dengan imbalan pahala yang terus di lipatgandakan.

Melatih untuk Disiplin dengan Waktu
Untuk mendapatkan puasa dengan tubuh kuat sekaligus fit sepanjang hari, dibutuhkan istirahat yang benar-benar cukup. Hal tersebut menjadikan Anda tidur lebih teratur untuk mendukung kelancaran puasa keesokan harinya. Bangun untuk menyempatkan diri makan sahur di pagi hari termasuk juga berguna untuk melatih kebiasaan bangun lebih pagi menerima rezeki berupa makanan.

Lebih Peduli Terhadap Sesama
Persaudaraan sesama muslim memang selalu terlihat sangat jelas selama bulan Ramadhan. Terlihat jelas orang-orang saling memberikan takjil gratis untuk berbuka puasa dan shalat berjamaah di masjid. Selain itu, umat juga berlomba membagikan ilmu pengetahuan mengenai Islam secara lebih dalam melalui ceramah serta diskusi keagamaan yang dilaksanakan di masjid-masjid dan masih banyak lagi. Bukan hanya menjadi lebih peduli, namun hikmah puasa semacam ini juga bermanfaat untuk semakin mempererat silaturahmi.

Menemukan Tujuan Menjalankan Ibadah
Puasa bertujuan untuk melatih diri agar mampu menghindari dosa-dosa di hari lainnya selama bulan Ramadhan. Jika tujuan tersebut dapat tercapai, maka puasa yang dijalankan juga telah benar-benar berhasil. Akan tetapi ketika tujuan tersebut gagal, sudah tentu puasa yang susah payah dijalankan tidak akan memberikan arti apa-apa. Maka dari itu, setelah menjalankan puasa di bulan Ramadhan Anda juga akan terbiasa untuk berorientasi terhadap tujuan melakukan berbagai ibadah.

Berhati-hati Dalam Bertindak
Menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan akan sempurna dan penuh arti saat Anda tidak hanya menahan lapar dan dahaga. Maksudnya Anda juga mampu menghindari keharaman telinga, mata dan perkataan maupun perbuatan. Mengingat latihan semacam ini akan memberikan sebuah peningkatan yang positif saat menjalani hidup di luar bulan Ramadhan. Setidaknya Anda juga mampu untuk menghindari berbagai hal yang menimbulkan dosa seperti berkata kotor, bergunjing dan lain sebagainya.

Ibadah Juga Dapat Digambarkan Melalui Kegiatan Mulia
Setiap pertolongan yang diberikan kepada orang lain yang membutuhkan bernilai ibadah, langkah-langkah kecil menuju masjid bernilai ibadah, tersenyum dengan tulus bernilai ibadah hingga tidur pun bernilai ibadah bagi seseorang yang sedang menjalankan puasa di bulan Ramadhan. Nantinya diharapkan Anda akan menjadi lebih terbiasa menjalani hidup dengan berbagai tindakan mulia yang menjadi sebuah ibadah. Artinya apa pun yang Anda jalankan sebenarnya dapat bernilai ibadah yang akan memberikan Anda imbalan berupa pahala dari Allah SWT.

Berlatih Lebih Tabah
Ketika menjalankan puasa di bulan Ramadan, secara tidak sadar Anda akan terlatih untuk menahan amarah dan berbagai hal yang seharusnya tidak dilakukan. Selain amarah, tindakan seperti berburuk sangka juga dapat dihindari dengan lebih bersikap sabar terhadap apa pun yang dihadapi. Dengan begitu, nantinya Anda juga akan lebih terbiasa untuk menjalani hidup dengan penuh kesabaran.
Apakah dengan hikmah puasa yang demikian besarnya, saat ini Anda masih ingin menghindar dari kewajiban menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan? Tentunya Anda tidak ingin kehilangan semua hikmah yang telah disebutkan di atas, bukan? Maka dari itu, mari jalankan puasa Ramadhan sepenuh hati agar memperoleh hikmah puasa tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar