Kopi Diperbolehkan untuk Berbuka Puasa, Namun Perhatikan Hal-hal Ini - Ramadhan Kita

Breaking

Sabtu, 03 Juni 2017

Kopi Diperbolehkan untuk Berbuka Puasa, Namun Perhatikan Hal-hal Ini


Tidak berbeda pada hari-hari biasa, pada saat berpuasa pun kopi adalah minuman wajib bagi pecintanya. Nah apakah kopi boleh dikonsumsi pada saat berbuka? Yuk simak penjelasan dokter mengenai hal itu.

Menurut dr Hendra Nurjadin, SpPD-KGEH dari RS Mayapada Tangerang, mengonsumsi kopi pada saat berbuka puasa diperbolehkan, karena tidak ada kandungan yang berbahaya dalam kopi. Hanya saja yang perlu diingat bahwa kopi menimbulkan efek diuretik, yakni menyebabkan sering buang air kecil.

"Sedangkan saat puasa kita membutuhkan banyak cairan, makanya kalau minum kopi jadi buang air kecil melulu," tutur dr Hendra dalam perbincangan dengan detikHealth, Selasa (30/5/2017).


Efek dari konsumsi kopi adalah berkurangnya cairan tubuh saat puasa bila dikonsumsi pada saat sahur. Sedangkan jika dikonsumsi pada saat berbuka, disarankan untuk mengimbangi efek diuretiknya dengan minum air putih atau makan buah-buahan yang banyak mengandung air.

Selain itu dr Hendra juga menambahkan agar saat berbuka tidak mengonsumsi kopi yang terlalu pekat karena dapat mengganggu sistem pencernaan. Terkait porsinya, dianjurkan juga untuk tidak membuat kopi dengan takaran yang berlebihan.

Khusus bagi pasien sakit mag, dokter menyarankan untuk tidak mengonsumi kopi pada saat berbuka puasa apalagi saat sahur. Karena kopi mengandung kafein yang bersifat mengiritasi dinding lambung dan meningkatkan produksi asam lambung, sedangkan pada pasien sakit mag asam lambungnya harus terjaga.

"Bila ada sakit mag tentu kopi harus dihindarkan, lebih baik minum susu saja," pungkasnya.


(up/up)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar