Puasa Sembuhkan Penyakit Maag?


SELAMA ini banyak orang yang beralasan bahwa mereka tidak berpuasa karena punya penyakit maag. Alasan ini terbantahkan, justru sakit maag bisa sembuh dengan berpuasa Ramadan.
Para ahli kesehatan meyakini puasa Ramadan memberi manfaat besar bagi kesehatan. Salah satu manfaatnya, dapat menyembuhkan penyakit maag. Demikian pernah diungkapkan ahli penyakit dalam dari Digestive Clinic Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, dr Hardianto SpPD.



"Saya punya pengalaman dalam hal ini, banyak mereka yang menderita sakit maag ketika berpuasa malah membaik," ujar dr Hardianto SpPD.

Hasil penelitian dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta menyebut sekitar 70-80% sakit maag di masyarakat merupakan sakit maag fungsional. Kondisi tersebut karena ketidakteraturan makan dan kebiasaan mengonsumsi cemilan tak sehat, seperti makanan asam, pedas, cokelat, dan keju yang justru memperburuk sakit maag.

"Saat berpuasa, pola makan jadi lebih teratur dan gaya hidup sehat seperti merokok dikurangi," kata dokter Hardianto.

Akan tetapi sayangnya, lanjut dia, ada juga penderita maag yang tetap mengalami penyakit tersebut ketika puasa. Ia mengatakan hal tersebut disebabkan manajemen stres yang kurang baik. "Maag kambuh bukan sekadar disebabkan keterlambatan makan, tetapi stres yang tinggi," tutur dia.

Idealnya berpuasa dapat mengelola stres, namun terkadang kehidupan perkotaan yang sibuk membuat masyarakat sulit mengendalikan stresnya. "Akibatnya asam lambung meningkat dan menyebabkan maag kambuh," papar dia.



Sementara itu, konsultan penyakit lambung dan pencernaan RSCM, Dr Ari F Syam, mengatakan selama berpuasa penderita maag hendaknya memperhatikan asupan makanan dan minuman. "Sebaiknya penderita maag menghindari dari makanan yang menyebabkan atau memperberat gejala sakit maag seperti yang mengandung gas dan terlalu banyak serat, antara lain sawi, kol, nangka, pisang ambon, buah yang dikeringkan, soda, kedondong," kata Ari.

"Selain itu, juga harus dihindari minuman dan makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain seperti kopi, minuman beralkohol, anggur putih, sari buah sitrus maupun susu krim," tambah dia. [] 





- See more at: http://ramadhan.inilah.com/read/detail/2382058/puasa-sembuhkan-penyakit-maag#sthash.q3MnfbqB.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar