Ramadan di Tanah Suci, Ini Tips Buka Puasa di Masjidil Haram



Tak ada yang lebih indah dari melewati Bulan Suci di Tanah Suci. Kalau Anda salah satu orang yang ingin umroh saat Ramadan, ini tips buka puasa di Masjidil Haram saat Ramadan.
Jangankan Ramadan, hari biasa pun kota suci umat Muslim ini selalu dipenuhi pengunjung. Saat Ramadan, banyak yang ingin merasakan puasa di sana. Untuk urusan buka puasa di Masjidil Haram, ada tips tersendiri.


Inilah 5 tips buka puasa di Masjidil Haram:


1. Datang maksimal 1 jam sebelum azan
Saat Ramadan, hampir seluruh orang di Mekkah ingin melewati waktu salat di Masjidil Haram. Maka dari itu, waktu paling lambat untuk masuk ke dalam masjid adalah 1 jam sebelum azan.

Terlebih jika saat menjelang berbuka. Jangan datang 1 jam sebelum, maksimal datang 1,5 jam sebelum azan Magrib. Jika tidak begitu, kawasan masjid akan penuh dengan jamaah.

Karena jika sudah penuh, pintu masuk masjid otomatis ditutup oleh para askar (penjaga masjid). Kemungkinan masuk ke dalam masjid pun luruh sudah. Kalau sudah begitu, mau tak mau Anda harus rela salat Magrib di pelataran masjid.


2. Pastikan wudhu sebelum masuk
Satu hal yang paling penting adalah memiliki wudhu selama berada di dalam Masjidil Haram. Karena tempat berwudhu ada di luar masjid. Serta, jika pintu sudah ditutup dan Anda ke luar masjid, bisa-bisa tidak bisa masuk kembali ke dalam masjid.

Oleh karena itu, pastikan Anda sudah wudhu dari berangkat ke Masjid. Bisa berwudhu dari hotel, atau wudhu di pelataran masjid.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.toyo.porsi


3. Bawa bekal untuk buka puasa
Satu hal yang harus dicoba saat Ramadan di Tanah Suci adalah berbuka di masjid. Masjid yang paling menggoda adalah Masjidil Haram.
Saat bukan bulan Ramadan saja, banyak orang yang menawarkan makanan kala Magrib. Apalagi saat Ramadan. Suasana berbuka di sana sungguh terasa hangat.

Tak bawa bekal pun Anda akan dibanjiri makanan yang diberikan oleh jamaah sekeliling. Namun ada baiknya membawa bekal untuk bertukar dengan makanan di sekeliling Anda.


4. Bawa botol minum
Saat berbuka puasa, biasanya haus dan butuh minum banyak. Walau ada begitu banyak galon air zam-zam lengkap dengan gelasnya, ada baiknya Anda membawa botol minum sendiri.

Isi botol minum sebelum berbuka. Sehingga saat azan Magrib, Anda bisa langsung berbuka dengan meminum air zam-zam dengan leluasa. Karena biasanya, kawasan air zam-zam akan dipenuhi orang yang ingin minum.


5. Pilih tempat yang nyaman
Pilihlah tempat yang nyaman untuk salat. Karena Anda akan lama berada di masjid. Pastikan tempat duduk Anda nyaman. Jika tak ingin pusing mencari jalan keluar masjid, pilihlah tempat salat dekat jalur masuk.

Jika lupa membawa Al Quran, pilihlah tempat salat yang dekat dengan rak Quran. Jadi mengambil dan mengembalikan Quran pun jadi lebih mudah.

Selamat melewati Ramadan di Tanah Suci!




DETIK TRAVEL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar