Siasat Puasa Sehat untuk Cegah Kolesterol

SELAMA puasa, Anda harus menjaga pola makan yang benar. Jangan sampai banyak mengonsumsi makanan yang tidak sehat karena berbahaya bagi diri Anda.

Spesialis Penyakit Dalam dr Prasetyo Widhi SpPD KHOM membagikan tips sehat selama berpuasa. Berikut rangkumannya.

Hindari junk food
Saat buka dan sahur, hindari makanan tinggi garam dan natrium seperti junk food. Anda harus mengendalikan berat badan selama puasa agar terhindar dari penyakit.

Jangan makan makanan berlemak
Makanan berlemak bisa mengganggu metabolisme tubuh Anda. Konsumsilah lemak baik dan jauhilah lemak jahat. Anda bisa mengalami kenaikan berat badan yang drastis selama puasa.

Perbanyak makan buah dan sayur
Sayur dan buah mengandung tinggi serat. Makanan ini bisa lebih lama dicerna dan mengandung tinggi antioksidan yang baik untuk mencegah penyakit.

Perbanyak konsumsi sumber kalsium
Sumber makanan berkalsium dapat membantu menguatkan tulang dan gigi. Selain itu, makanan sumber kalsium mencegah hipertensi sejak masa muda.

Olahraga
Selama puasa Anda tetap diperbolehkan olahraga. Pilih kegiatan olahraga yang ringan lakukan selama 30 menit sekali, selama tiga sampai empat kali seminggu.




OKEZONE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar