Amalan Sunah yang Dijaga di Bulan Ramadan (4)



BERIKUT beberapa amalan sunah yang sebaiknya dijaga di bulan Ramadan:

g. Memperbanyak berdoa sepanjang hari berpuasa.
Dari Abu Hurairoh rodhiyallohu anhu Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
"Tiga orang yang tidak akan ditolak doanya: Imam yang adil, orang yang berpuasa sampai ia berbuka dan doanya orang yang terdzholimi." (HR. Tirmidzi 3598, Berkata Al Hafidz: hadits hasan).


h. Memperbanyak dzikir bebas sepanjang hari baik tasbih (Subhanalloh), tahmid (Alhamdulillah), tahlil (Laailaaha illalloh), takbir (Allahu Akbar) dan hauqolah (Laa haula wala Quwwata illa billah).

Dari Abu Hurairoh rodhiyallohu anhu, Rasulullah shallallau 'alaihi wasallam bersabda:

"Ambillah perisai kalian". Kami bertanya: "Wahai Rasulullah, dari musuh yang telah datang?" Beliau berkata: "Bukan, tapi perisai kalian dari neraka, ucapkanlah: "Subhanalloh Walhamdulillah wa Laa ilaaha illalloh wallohu Akbar", karena itu akan datang pada hari kiamat sebagai penyelamat, terdepan dan ucapan ini adalah al baqiyat as sholihat (yang tetap langgeng pahalanya)" (HR. al hakim 1928 dan dihasankan oleh Syaikh Albaniy dalam Shohih at Targhib wat tarhib 1567).

Inilah sebagian kecil dari amalan sunnah yang akan mudah dikerjakan apabila amalan wajib sudah dijaga dan baru akan mendapatkan ganjaran yang berlipat jika dilakukan dengan ikhlas dan sesuai dengan sunnah dengan dilandasi keyaikan (aqidah) yang benar.
Wallohu Alam. [Al-Hujjah]

INILAH MOZAIK




Posting Komentar

0 Komentar