Cegah Dehidrasi Selama Berpuasa dengan 4 Cara Ini - Ramadhan Kita

Breaking

Selasa, 30 Mei 2017

Cegah Dehidrasi Selama Berpuasa dengan 4 Cara Ini


Selama berpuasa tubuh tidak mendapatkan pasokan cairan secara cukup. Akan tetapi, Anda bisa menyiasatinya dengan pola makan sehat agar terhindar dari dehidrasi.

Saat puasa, tubuh mengalami proses detoksifikasi. Proses ini sangat bermanfaat untuk membantu regenerasi sel tubuh. Akan tetapi pola serta pemilihan jenis makanan dan minuman yang salah justru bisa timbulkan rasa haus yang berlebihan selama berpuasa.

Mendapatkan cukup air setelah seharian berpuasa sangatlah penting. Karena air diperlukan agar tubuh tetap berfungsi dan bisa menjalankan aktifitas seperti biasa. Jika seseorang mengalami dehidrasi atau kurang cairan maka akan menyebabkan pusing, sakit kepala, lesu dan letih. 

Minum delapan gelas per hari itu penting, namun ada hal lain yang perlu diingat untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi secara optimal.

Dikutip dari Star2 (30/05) ada beberapa tips untuk membantu Anda tak alami dehidrasi selama berpuasa.

1. Hindari minuman berkafein
Kebanyakan orang sering menikmati teh ataupun kopi untuk mengembalikan energi ataupun menambah semangat setelah berbuka. Tapi minuman ini mengandung kafein yang dapat memberikan efek diuretik sehingga dapat meningkatkan produksi urin dan membuang garam serta air dalam tubuh.

Terlalu banyak kafein juga bisa mengakibatkan rasa haus. Agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik, sebaiknya pilih air putih dan kombinasikan dengan buah manis seperti kurma untuk membantu kembalikan energi setelah berpuasa.

2. Konsumsi buah dan sayur
Mengkonsumsi buah dan sayur tidak hanya baik untuk kesehatan tapi juga dapat menghidrasi tubuh dengan baik. Pilihlah buah dan sayur yang memiliki kandungan air tinggi sehingga dapat memberikan pasokan zat gizi serta menyegarkan dahaga dan tetap mengenyangkan.

Beberapa sayur dan buah yang tinggi akan kandungan air adalah semangka, mentimun, seledri, tomat dan belimbing. Kandungan airnya bisa membantu tubuh terhindar dari dehidrasi.



3. Hindari makanan pedas atau asin
Makanan pedas dan asin dapat meningkatkan kebutuhan jumlah air. Jadi sebaiknya batasi konsumsi makanan pedas dan asin.

Saat memasak, usahakan jangan memberi banyak tambahan cabai dan garam. Siasati menambahkan rasa gurih dengan tambahan irisan daun bawang, seledri, bawang putih dan potongan tomat.

4. Minum berlebihan sekaligus
Menjelang waktu imsak, biasanya kita meminum air putih bergelas-gelas agar tidak haus saat berpuasa. Padahal saat Anda memasukkan air secara berlebihan tubuh pun akan mengeluarkannya kembali dan justru dapat membuat perut terasa kembung.

Sebaiknya minum dengan porsi cukup dan cukupi kebutuhan cairan secara bertahap. Minumlah air putih ketika bangun tidur dan sebelum makan, saat sahur dan setelah sahur. Jangan lupa imbangi dengan konsumsi sayur dan buah tinggi air.



DETIK FOOD
_____________________________





Tidak ada komentar:

Posting Komentar