5 Tips Tidur Agar Tidak Telat Bangun Sahur


Selama bulan Ramadan sahur menjadi sebuah aktivitas yang penting karena dari situ seseorang menyiapkan diri memenuhi kebutuhan nutrisi sebelum berpuasa seharian. Oleh karena itu sebisa mungkin jangan melewatkan sahur karena bisa membuat ibadah puasa menjadi lebih berat.

Hanya saja beberapa orang mungkin memang tidak terbiasa untuk bangun pagi. 

Nah agar sahur tidak terlewat, simak beberapa tipsnya seperti dikutip detikHealth dari berbagai sumber:


1. Tidur lebih awal

Satu hal yang paling penting untuk bisa bangun lebih pagi adalah dengan mengatur jadwal tidur menjadi lebih awal. Mengubah pola tidur bisa jadi hal yang sulit namun bukan berarti tidak bisa dilakukan.

Spesialis kesehatan tidur dr Andreas Prasadja, MD, RPSGT, dari RS Mitra Kemayoran mengatakan seseorang bisa mencobanya dengan perlahan. Tiap malam geser waktu tidur beberapa menit lebih awal sambil dibantu alarm untuk bangunnya.

"Untuk menggeser jam tidur coba tidur 15 menit lebih awal dari biasanya. Kalau sudah terbiasa kurangi lagi 15 menit, dan begitu seterusnya. Kalau misalnya tiba-tiba jam tidur jadi balik lagi ke awal itu tidak apa-apa, pelan-pelan terbiasa," tambah dr Ade.

Selain tidur lebih awal, dr Ade juga mengatakan untuk membatasi cahaya minimal satu jam sebelum tidur. Cahaya yang dimaksud seperti lampu utama dan lampu dari monitor peranti elektronik.


2. Jangan makan banyak Ketika berbuka puasa jaga 
Cristina-Maria Kastorini, MSc, ahli gizi dari University of Ioannina di Yunani mengatakan jika seseorang setelah itu langsung berusaha untuk tidur maka ia rentan mengalami refluks asam lambung. Kondisi ini menyebabkan asam lambung naik menuju kerongkongan dan memicu rasa tidak nyaman.

3. Hindari kafein
Kafein adalah zat stimulan yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan menghilangkan rasa kantuk. Oleh karena itu hati-hati dalam memilih makanan dan minuman saat berbuka hindari yang mengandung kafein.

Hidangan seperti coklat, teh, dan kopi diketahui bisa memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi untuk mengganggu rutinitas tidur.

4. Jangan olahraga larut malam
Agar terhindar dari rasa lemas beberapa orang mungkin memilih untuk berolahraga menjelang atau setelah berbuka puasa. Namun perlu diketahui olahraga yang dilakukan terlalu dekat dengan jam tidur dapat mengganggu.

Alasannya karena olahraga malam memicu perubahan komposisi hormon dalam tubuh. Aktivitas fisik seperti olahraga memicu pelepasan hormon adrenalin yang bisa membuat seseorang semakin terjaga.

5. Minum air putih
Saat bangun agar tidak terlena kembali tidur dan melewatkan sahur disarankan untuk segera minum air putih. Tujuannya untuk merehidrasi tubuh membuat pikiran segar.

Tidur sepanjang malam dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi ringan dan hal ini yang akan memengaruhi kinerja tubuh dan otak. Aktris Cameron Diaz mengaku punya kebiasaan minum air putih setiap pagi dan menurutnya membuat tubuh segar seperti tanaman yang disiram air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar