Tips Sehat saat Sahur dan Berbuka Puasa


Tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan ini, tentu sangat diinginkan masyarakat yang menjalankannya. Untuk itu, menjaga kesehatan dengan asupan makanan seimbang dan bergizi saat berbuka dan sahur wajib diperhatikan.

Lalu, bagaimana caranya? Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Ari Fahrial Syam, memberikan tip agar tetap sehat saat sahur dan berbuka puasa, berikut ini.

1. Sahur tetap sunahnya memperlambat sahur. “Jadi, tetap minum sampai Imsak,” kata Ari, yang menjadi Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (Papdi) Jaya dalam pesan yang diterima Tempo, Selasa, 30 Mei 2017.



2. Walau sedikit tetap ada makanan yang dikonsumsi dengan komponen lengkap, yakni ada karbohidrat (bisa nasi atau kentang), ada unsur lemak dan protein (bisa telur), ikan, atau daging ayam. “Sebaiknya dalam bentuk rebusan dan bukan digulai,” ujar Ari. Selain itu, ditambah buah dan sayur yang dikonsumsi saat sahur.

3. Setelah salat subuh, sebaiknya tidak langsung tidur. Tapi, kalau tetap ingin tidur, sebaiknya tidur dengan bantal tinggi.

4. Saat berbuka puasa, bukalah dengan yang manis-manis. “Sebaiknya dari manis buah, bisa dalam bentuk jus atau minimal teh manis yang encer,” kata Ketua Umum PB Perhimpunan Gastrointestinal Indonesia (PEGI) ini. Juga konsumsi tiga buah kurma dan boleh ditambah satu kue kecil. Kemudian lanjut salat magrib.

5. Makan besar prinsipnya tetap bukan mendobelkan makan siang dengan makan malam. Porsi tetap seperti makan malam. Sebaiknya tetap menghindari makanan yang berlemak dan hindari goreng-gorengan yang berlebihan. “Sunahnya makan dan minum, tapi jangan berlebihan.”



6. Sayur dan buah tetap dikonsumsi saat makan sesudah salat magrib.

7. Usahakan tetap mengkonsumsi 8-10 gelas sehari: 4 gelas saat buka sampai salat tarawih, 2-3 gelas setelah salat tarawih dan 2-3 gelas saat bangun sahur sampai imsak.

8. Hal penting, selain kita memikirkan apa yang akan kita makan saat sahur dan berbuka, kita bisa berbagi agar masyarakat sekitar bisa menikmati sahur dan buka dengan makanan yang lengkap, banyak masjid yang menyelenggarakan takjil dan sahur gratis untuk jemaah masjid.



AFRILIA SURYANIS/TEMPO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar