50 Manfaat Puasa Bagi Tubuh


Begitu banyaknya manfaat puasa bgi tubuh kita, maka semua manfaat ini dimuat di blog ini, semoga memberi manfaat bagi kita semua.

Berikut ini 50 Manfaat Puasa bagi Tubuh yang dikutip dari DetikHealth

1. Kurangi Risiko Plak di Jantung

Puasa bisa membantu Anda untuk mengurangi risiko pembentukan plak yang mampu menyumbat pembuluh darah di jantung. Ini dikarenakan asupan lemak jahat pada tubuh berkurang daripada biasanya selama Anda berpuasa.


2. Membuang Racun di Tubuh

Selama berpuaasa, tubuh kita akan melakukan pembuangan racun yang Anda. Pembuangan racun tersebut bisa melalui keringat, urine, atau saat buang air besar sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat daripada sebelumnya.


3. Mengurangi Kadar Lemak

Selama puasa, tubuh akan membakar glukosa yang tersisa untuk menghasilkan energi. Ketika glukosa telah habis, tubuh akan menggantinya dengan membakar lemak yang tersimpan di otot untuk menghasilkan energi.

Itulah salah satu alasan yang pas menjadikan puasa sebagai momen menurunkan berat badan di tubuh.


4. Meningkatkan Sistem Imun

Tidak hanya menurunkan berat badan, puasa juga bisa memperkuat sistem imun di tubuh Anda. Caranya cukup dengan mengonsumsi buah-buah yang kaya akan mineral dan vitamin saat berbuka dan sahur.

Dengan begitu, sistem pertahanan tubuh akan menjadi lebih kuat dari sebelumnya.


5. Menurunkan Risiko Darah Tinggi

Bagi Anda yang berisiko darah tinggi, puasa ternyata dapat membantu untuk mengontrol tekanan darah. Hal tersebut karena saat puasa tubuh mengurangi produksi hormon tertentu seperti hormon adrenalin yang menyebabkan naiknya tekanan darah.



6. Mengistirahatkan Saluran Pencernaan

Membiarkan saluran pencernaan beristirahat sejenak menjadi kunci kenapa puasa itu menyehatkan. Dengan begitu, saluran pencernaan menjadi lebih optimal dari sebelumnya, mengeluarkan racun di organ pencernaan, hingga mengurangi risiko organ pencernaan rusak dengan cepat.


7. Memperbaiki Pola Makan

Melakukan puasa secara rutin, akan membantu Anda mengontrol kebiasaan makan. Puasa juga memungkinkan Anda untuk memilih makanan sehat untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka.


8. Mengatasi Godaan Makanan Berlebih

Dengan melakukan puasa, Anda bisa mengatasi godaan untuk tidak meraup makanan yang tidak sehat seperti junk food atau makanan instan lainnya. Manfaat ini bisa diperoleh setidaknya jika Anda rutin melakukan puasa selama satu hari dalam seminggu.


9. Membantu Proses Penyembuhan

Bagi Anda yang sedang sakit, saat puasa tubuh akan bekerja lebih efisien untuk menggantikan sel-sel rusak dan menghentikan pertumbuhan tumor yang tidak diinginkan. Selain itu, puasa juga dapat meningkatkan efisiensi penyembuhan seseorang dari penyakit yang dialaminya.


10. Mengontrol Kadar Gula Darah

Rajin puasa setidaknya satu kali dalam seminggu ternyata dapat meningkatkan proses pemecahan glukosa untuk memproduksi energi. Dengan begitu, insulin yang diproduksi akan menurun yang artinya kadar gula darah juga turun.


11. Risiko Serangan Jantung Menurun

Puasa ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari risiko terserang penyakit jantung. Ini terjadi karena selama puasa terjadi penurunan rata-rata 15 persen pada tingkat trigliserida (TG) dan 10,9 persen penurunan pada kolestrol low-density lipoprotein (LDL) yang merupakan faktor risiko untuk serangan jantung.


12. Mengurangi Risiko Diabetes

Saat puasa, lemak tubuh akan menggantikan glukosa sebagai sumber bahan bakar di tubuh. Dengan begitu, akan terjadi penurunan sel-sel lemak dalam tubuh yang dapat mengurangi risiko kolestrol tinggi, resistensi insulin, dan diabetes.

Apabila melakukan puasa secara berkala, Anda dapat meningkatkan Human Growth Hormone (HGH) yang mengatur glukosa dan insulin dalam tubuh. Dengan peningkatakn HGH dapat juga membantu mengurangi risiko diabetes hingga 50 persen.


13. Bikin Panjang Umur

Cukup dengan berpuasa dapat membantu Anda memiliki usia yang lebih panjang. Ini dikarenakan selama puasa tubuh dapat membersihkan tubuh dari radikal bebas, menekan pengeluaran insulin, serta mengurangi keinginan untuk mengonsumsi gula.

14. Menyehatkan Ginjal

Puasa ternyata menjadikan ginjal Anda lebih sehat. Hal tersebut terjadi karena fungsi ginjal akan semakin maksimal bila bekerja dengan kekuatan osmosis urin yang mencapai 1.000 sampai 12.000 ml. Efek ini terjadi akibat berkurangnya konsumsi air saat puasa.

15. Penawar Nyeri Sendi dan Encok

Nyeri sendi atau encok memang tidak menyenangkan. Namun melakukan puasa dapat mengurangi munculnya rasa nyeri. Hal tersebut karena terdapat korelasi antara meningkatnya kemampuan sel penetral (pembasmi bakteri) yang muncul saat puasa dengan membaiknya radang sendi yang merupakan penyebab encok.

16. Mengencangkan Kulit

Untuk memiliki kulit yang kencang, Anda tidak perlu repot-repot melakukan perawatan yang mahal atau menggunakan obat-obatan kecantikan. Cukup dengan berpuasa karena metabolisme dalam tubuh akan beristirahat yang membuat sel-sel dalam tubuh bekerja lebih maksimal.

Sehingga membuat organ tubuh luar seperti kulit akan sehat dan kencang.
  


17. Mencegah Penuaan Dini

Puasa juga bisa membantu Anda untuk tetap cantik di usia yang tidak muda lagi. Ini dikarenakan puasa membantu tubuh untuk memperlancar dan mempercepat proses metabolisme yang salah satu manfaatnya adalah pencegahan penuaan dini.

18. Mengobati Penyakit Sistem Pernapasan

Puasa bisa membantu Anda yang mengalami masalah pernapasan salah satunya adalah sesak napas. Hal ini terkait dengan kosongnya perut selama puas ayang memberikan kesempatan bergerak bagi rongga badan secara lebih leluasa, sehingga kinerja paru-paru menjadi lebih baik dan semakin bertambah kadar keluasannya.

19. Mengatasi Masalah Jerawat

Bagi Anda yang memiliki jerawat membandel, puasa bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkannya. Ini dikarenakan, salah satu penyebab jerawat merupakan racun yang tidak bisa keluar dengan sempurna dari tubuh.
  

20. Menyehatkan Rambut dan Kuku

Cobalah berpuasa jika ingin memiliki rambut dan kuku yang sehat. Hal tersebut karena proses regenerasi sel-sel tubuh selama puasa memiliki manfaat untuk pertumbuhkan rambut serta kuku yang lebih baik dan sehat dari sebelumnya.

21. Meningkatkan Hormon Seksual

Puasa memang menurunkan kadar hormon kejantanan, tapi itu hanya bersifat sementara. Dalam beberapa hari, kadar hormon kejantanan tersebut akan meningkatkan dan performa seksual juga lebih baik dari sebelumnya.

22. Ketenangan Hidup

Puasa bisa membantu Anda untuk meningkatkan ketenangan hidup karena selama puasa Anda di anjurkan untuk menahan hawa dan nafsu. Dengan begitu, Anda akan memiliki jiwa yang lebih positif dari sebelumnya.

23. Mengurangi Risiko Tuberkulosis (TB)

Puasa bisa membantu Anda untuk mengurangi risiko penyakit tuberkulosis (TB). Cara dengan melalui peran makrogaf dan sel mononukler darah tepi untuk mengatasi penurunan kemampuan serum membunuh bakteri tuberkulosis. Puasa juga dipercaya dapat mengurangi risiko terinfeksi tuberkulosis.


24. Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Mengurangi waktu makan dan meningkatkan waktu puasa dapat mengurangi level glukosa sehingga menekan risiko kanker payudara bagi wanita. Hal ini karena puasa mengubah pola makan menjadi sederhana sehingga bisa mengendalikan konsentrasi glukosa darah menjadi lebih baik.


25. Menurunkan Berat Badan

Puasa telah terbukti dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat dan aman. Hal tersebut dikarenakan saat puasa, lemak dapat tubuh akan terus terbakar sehingga dapat menurunkan berat badan di tubuh. Namun perlu diingat, cara ini akan sia-sia jika saat berbuka Anda mengonsumsi makanan yang tidak sehat.


26. Meredakan Penyakit Maag

Beberapa orang yang mengalami maag dikarenakan pola makan yang tidak benar. Dengan puasa dapat membantu mengubah pola makan sehingga terhindar dari penyakit maag.


27. Cegah Depresi

Puasa bisa menjadi cara untuk meningkatkan mood, kewaspadaan, serta rasa tenang oleh yang menjalaninya. Hal tersebut dimungkinkan karena pelepasan endorfin dalam tubuh yang terjadi selama 48 jam pertama puasa yang dapat membantu mengurangi stres pada tubuh.


28. Produksi Sperma Meningkat

Puasa tidak akan berdampak negatif pada kualitas sprema. Bahkan, puasa dapat meningkatkan jumlah produksi sperma pada pria lebih dari biasanya. Itu berarti, puasa dapat membantu meningkatkan peluang kehamilan bagi pasangan suami istri.



29. Berhenti Merokok


Jika anda memiliki kebiasaan buruk seperti merokok, puasa menjadi salah satu momen yang baik untuk berhenti melakukannya. Walaupun bukan cara satu-satunya, puasanya dapat meredakan gejala-gejala kencanduan nikotin yang muncul ketika Anda berhenti merokok.

30. Mengurangi Risiko Hepatitis

Saat lapar, tubuh membuat senyawa molekul DNA GADD45b yang mempunyai aktivitas berbeda dari senyawa lainnya. Hal itu diketahui jika molekul DNA tersebut mengendalikan penyerapan asal lemak pada liver yang bila dibiarkan bisa meningkatkan risiko seseorang terkena steatohepatitis atau hepatitis karena lemak.

31. Menurunkan Kolestrol

Bagi Anda yang hendak mengontrol kolestrol tubuh, cobalah untuk rajin berpuasa. Selain mendapat mengurangi kadar lemak dalam darah, mengontrol kolestrol dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular serta menurunkan risiko serangan jantung
  



32. Memperbaiki Fungsi Hormon di Tubuh

Selama berpuasa, seseorang akan lebih sabar, menahan amarah, serta berpikir lebih positif. Nah, manfaat inilah yang membuat fungsi hormon berjalan normal hingga irama hidup menjadi lebih harmonis.

33. Meningkatkan Fungsi Organ Tubuh

Puasa akan memberikan rangsangan terhadap seluruh sel, jaringan, dan organ di tubuh Anda. Efek rangsakan ini akan menghasilkan, memulihkan, dan meningkatkan fungsi organ sesuai fungsi fisiologinya.
  




34. Membuat Mata Lebih Bening dan Bersih

Ketika berpuasa, mata akan menjadi lebih bening dan bersih dari sebelumnya. Hal ini terjadi karena adanya proses detoksifikasi yang dilakukan oleh tubuh yang membuat racun dikeluarkan dari tubuh yang juga mempengaruhi kesehatan mata Anda.

35. Mencegah Tumor

Puasa memiliki manfaat untuk menjaga badan dari berbagai macam zat-zat yang berbahaya mulai dari kelebihan kalsium, protein, atau juga lemak. Tidak hanya itu, puasa juga membantu Anda untuk terhindar dari tumor pada stadium awal. Hal ini dikarenakan pertumbuhan sel tidak normal seperti tumor, tidak mendapatkan dukungan suplai makan dalam tubuh sehingga berujung dengan kematian sel.

36. Mempercantik Wanita

Siapa sangka, puasa bisa menjadikan wanita lebih cantik secara alami dibandingkan yang tidak berpuasa. Hal tersebut disebabkan oleh sel-sel dalam tubuh yang mengalami peremajaan sehingga membuat organ dalam maupun luar tubuh Anda menjadi lebih sehat dan segar.

37. Mengendalikan Hawa Nafsu

Puasa juga memiliki khasiat sebagai pengendali hawa nafsu yang selalu bergejolak dalam hati serta pikirin. Apabila dibiarkan, hawa nafsu seperti itu dapat menimbulkan efek negatif pada diri seseorang. Maka dari itu, puasa menjadi cara untuk mengendalikannya.

38. Menekan Rasa Lapar

Puasa ternyata bisa mengatur produksi hormon lapar yang disebut ghrelin. Hal itu akan terasa setelah beberapa hari Anda tidak puasa sehingga dapat membantu Anda untuk menghilangkan kalori ekstra dan menjaga berat badan menjadi lebih sehat.
  



39. Tubuh Lebih Bugar

Saat berpuasa, sistem tubuh kita beristirahat dari proses mencerna makanan yang masuk. Maka dari itu, tubuh akan melakukan proses detoksifikasi dan melakukan perbaikan sel, jaringan, dan organ tubuh.

Energi yang biasanya digunakan untuk mencerna atau memproses makanan ini digunakan untuk membersihkan tubuh. Dengan begitu, tubuh akan terasa lebih berenergi karena puasa membuat kita menjadi lebih ringan.

40. Meningkatkan Nutrisi di Tubuh

Seseorang yang menjalani puasa, ternyata metabolisme tubuhnya akan semakin baik. Dengan begitu, jumlah nutrisi yang diserap dari makanan akan menjadi lebih besar.

Hal ini terjadi karena peningkatan hormon adiponectin yang diproduksi oleh kombinasi antara puasa dengan sahur sehingga dapat menyerap lebih banyak nutrisi.

41. Keseimbangan Anabolisme dan Katabolisme

Selama puasa, terjadinya keseimbangan anabolisme dan katabolisme yang berakibat asam amino dan berbagai zat lainnya membantu meremajakan sel. Selain itu, komponennya juga dapat memproduksi glukosa darah serta mensuplai asam amino dalam darah sepanjang hari.

Dengan begitu, cadangan protein pada hati akan tercukupi sehingga asupan nutrisi saat berbuka dan sahur dapat memproduksi protein esensial lainnya seperti albumin, globulin dan fibrinogen. Dengan begitu, fungsi hati akan menjadi tetap aktif dan lebih baik.

42. Meningkatkan Komunikasi Psikososial

Secara psikis, puasa juga memiliki manfaat psikososial yang memegang peran penting dalam kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan hubungan sesama manusia baik keluarga, saudara, dan tetanga akan lebih sering dilakukan saat bulan puasa.
  



43. Mengurangi Risiko Kerusakan Gigi

Saat puasa, asupan gula yang dikonsumsi akan berkurang. Hal inilah yang mengurangi risiko kerusakan gigi seperti radang pada gusi. Kondisi ini bisa lebih efektif apabila Anda juga tidak terlalu banyak mengonsumsi gula saat puasa maupun sahur.

44. Memproduksi Sel-sel Sehat

Ketika merasa lapar karena puasa, sistem tubuh akan mencoba untuk menghemat energi. Hal inilah yang mendaur ulang sel-sel tubuh yang tidak tidak diperlukan, terutama yang rusak. Selain itu juga, saat puasa terjadinya peningkatakn IGF-1 yang merupakan hormon pertumbuhan yang terkait dengan faktor penuaan, perkembangan tumor, dan risiko kanker.
  

45.Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Selama puasa, sel darah putih yang bernama limfosit akan meningkat hingga 10 kali lipat. Inilah yang memiliki manfaat baik bagi tubuh, sebab sel darah putih memiliki fungsi positif untuk kekebalan tubuh melawan penyakit.

46. Mencegah Penumpukan Cairan Abnormal

Menjalani puasa ternyata dapat mencegah penumpukan cairan abnormal secara lebih cepat seperti edema pada kaki atau bengkak di perut. Dengan begitu, tubuh akan mudah terhindari dari kondisi yang tidak diharapkan.
 

47. Menurunkan Radikal Bebas

Pada lansia, puasa juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Mulai dari memperbaiki menurunkan radikal bebas, memperbaiki fungsi ginjal, serta mengurangi kadar kolestrol.

Pada fungsi ginjal, perbaikannya dapat terlihat pada 14 hari setelah ramadan. Sedangkan, untuk kadar radikal bebas terlihat menurun secara signifikat pada hari ke 7.

48. Baik Untuk Kesehatan Mental

Saat berpuasa inilah, sel-sel nueron yang sakit atau mati akan dimakan oleh sel-sel neurogial yang sehat. Hal ini bermanfaat baik untuk mental seseorang dan mengurangi risiko masalah kejiwaan.
  

49. Mengatasi Masalah Kulit

Puasa bisa juga membantu mengatasi masalah dermatitis pada tubuh. Asupan nutrisi yang teratur dan risiko infeksi rendah membuat ruam dan gatal-gatal bisa diatasi cukup dengan puasa.

50. Mencegah Penyakit Bagi Ibu Hamil

Menjalankan puasa ternyata tidak membuat ibu yang sedang hamil mengalami kekurangan nutrisi. Namun, dapat mencegah sang ibu serta janin dari penyakit yang timbul akibat pola makan yang berlebihan.

Hal tersebut ketika ibu berlebihan gizi akan menyebabkan overnutrisi yang dapat membuat ibu dan janin mengalami obesitas sehingga berisiko mengalami penyakit degenerati seperti kolestrol atau jantung koroner. Namun perlu diingat, untuk menjalani puasa sang ibu harus melalui persetujuan dari dokter terlebih dahulu.

 DETIK HEALTH







Tidak ada komentar:

Posting Komentar