Berapa Banyak yang Harus Kita Makan Saat Sahur dan Berbuka? - Ramadhan Kita

Breaking

Kamis, 01 Juni 2017

Berapa Banyak yang Harus Kita Makan Saat Sahur dan Berbuka?


Sebelumnya, Kompas.com pernah mengulas bagaimana puasa dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Hal ini karena kebiasaan orang berpuasa yang makan terlalu banyak saat sahur dan berbuka, tanpa aktivitas yang cukup. Alhasil, metabolisme pun rusak dan berat badan naik ketika puasa telah berakhir.

Sebenarnya, perlukah kita makan banyak pada saat sahur dan berbuka agar tidak kelaparan selama puasa?

Dokter Samuel Oetoro, SpGK, menjawab pertanyaan ini. Dengan segera, dia menegaskan bahwa jumlah makanan harus seperti biasanya.



Diwawancarai oleh Kompas.com via telepon pada hari Selasa (30/5/2017), dokter Samuel berkata bahwa jumlah makanan yang dikonsumsi harus sesuai kebutuhan karena setiap orang berbeda. “Anda dengan saya pun berbeda jumlahnya,” ucapnya.

Jumlah yang direkomendasikan oleh dokter Samuel adalah seperti sehari-hari sebelum puasa. Namun, jumlah tersebut juga tidak boleh menyebabkan berat badan naik atau turun. “Jadi, berat badannya stabil,” katanya.

Menurut dia, yang menjadi esensi dari menu sahur yang tidak membuat lapar bukanlah pada jumlahnya, tetapi pada kandungan nutrisinya yang lengkap dan kompleks.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar